Rabu, 26 Oktober 2011

    1. MEMBUAT TABEL PADA MICROSOFT WORD 2007

A. Membuat Tabel Word

=> Klik tab Insert Klik icon Table

=> Klik tanda panah kebawah dan tentukan jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan.
o Table size : Ukuran table.

* Number of columns : Tentukan jumlah kolom.
* Number of rows : Tentukan jumlah baris
o AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis.
o AutoFormat : Memilih bentuk format tabel.
=> OK
B. Fasilitas Pengolahan Tabel
Dari Menu Tab pilih :
  • Draw Table : Menggambar kotak tabel.
  • Insert : Menyisip tabel, kolom, baris atau sel.
  • Delete : Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.
  • Select : Memilih tabel, kolom, baris atau sel.
  • Merge Cells : Menggabungkan sel.
  • Split Cells : Membagi sel.
  • Split Table : Membagi tabel.
  • Table AutoFormat : Memilih format tabel.
  • Auto Fit : Mengepas kolom / baris otomatis.
  • Heading Rows Repeat : Mengulangi judul tabel ke tabel halaman berikutnya.
  • Convert : Mengubah jenis penulisan teks menjadi tabel atau sebaliknya.
  • Sort : Mengurutkan data tabel.
  • Formula : Operasi perhitungan data tabel.
  • Hide Gridlines : Menyembunyikan garis bantu tabel.
  • Table Properties : Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel
C. Cara Menggunakan Formula Pada Microsoft Word 2007
  • Letakkan kursor pada sel yang akan diisi rumus
  • Klik tab Layout
  • Klik di icon Formula
  • Isikan kotak Formula dengan
Keterangan :
o =Product(Left)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Product(Right)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Product(Above) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya
o =Sum(Left)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Sum(Right)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Sum(Above)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya
  • Klik OK
o Table size : Ukuran table.
* Number of columns : Tentukan jumlah kolom.
* Number of rows : Tentukan jumlah baris
o AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis.
o AutoFormat : Memilih bentuk format tabel.
=> OK
B. Fasilitas Pengolahan Tabel
Dari Menu Tab pilih :
  • Draw Table : Menggambar kotak tabel.
  • Insert : Menyisip tabel, kolom, baris atau sel.
  • Delete : Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.
  • Select : Memilih tabel, kolom, baris atau sel.
  • Merge Cells : Menggabungkan sel.
  • Split Cells : Membagi sel.
  • Split Table : Membagi tabel.
  • Table AutoFormat : Memilih format tabel.
  • Auto Fit : Mengepas kolom / baris otomatis.
  • Heading Rows Repeat : Mengulangi judul tabel ke tabel halaman berikutnya.
  • Convert : Mengubah jenis penulisan teks menjadi tabel atau sebaliknya.
  • Sort : Mengurutkan data tabel.
  • Formula : Operasi perhitungan data tabel.
  • Hide Gridlines : Menyembunyikan garis bantu tabel.
  • Table Properties : Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel
C. Cara Menggunakan Formula Pada Microsoft Word 2007
  • Letakkan kursor pada sel yang akan diisi rumus
  • Klik tab Layout
  • Klik di icon Formula
  • Isikan kotak Formula dengan
Keterangan :
o =Product(Left)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Product(Right)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Product(Above) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya
o =Sum(Left)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Sum(Right)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Sum(Above)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya
  • Klik OK
    1.  MENGEDIT NASKAH PADA MICROSOFT WORD 2007 

    A. Membuat Block Pada Teks
  • Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock
  • Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah ( –> ) ke awal kata / kalimat.
Atau bisa menggunakan Mouse
  • Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock
  • Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock
  • Lepas klik mouse tersebut
Untuk menghilangkan tanda block di teks klik di sembarang tempat dalam jendela dokumen.
B. Mengcopy Kata / Kalimat
  • Block kata / kalimat yang akan di-copy
  • Klik icon Copy atau dengan tombol Ctrl + C
  • Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an
  • Klik icon Paste atau dengan tombol Ctrl + V
C. Memindahkan Kata / Kalimat
  • Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
  • Klik klik icon Cut atau dengan tombol Ctrl + X
  • Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
  • Klik icon paste atau dengan tombol Ctrl + V
D. Membatalkan Perintah
Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan  dan lain sebagainya maka gunakan:
Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan
E. Change Case -
1. Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
2. Klik menu Home – Change Case
 
  • Sentence case : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
  • lowercase : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
  • UPPERCASE : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
  • Title Case : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
  • tONGLE cASE : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil
F. Find, Replace, and Go To
1. Find (Mencari)
  • Klik icon Find atau tekan tombol Ctrl + F  
  • Ketik kata yang akan dicari di kotak Find What
  • Klik Find Next untuk mencari
  • Tutup jendela tampilan ( X ) Find and Replace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar